Kurikulum

Kurikulum merupakan keseluruhan rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi pada sistem  pendidikan khususnya pendidikan tinggi. Kurikulum Program Studi Magister teknik Mesin Universitas Syiah Kuala (PSMTM Unsyiah) telah berkembang sejak berdirinya dari tahun 1977 sampai sekarang sesuai dengan perubahan paradikma pendidikan tinggi di Indonesia. Pengembangan Kurikulum secara nasional telah dijalankan yaitu mulai dengan Kurikulum Berbasis IPTEKS (KBI 1994), Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK 2004) dan Kurikulum Pendidikan Tinggi (2012). Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) adalah kurikulum berbasis pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang tertuang dalam Peraturan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2012 tentang KKNI. KPT juga sudah harus merujuk kepada cakupan capaian pembelajaran yang ditunjukkan oleh seorang lulusan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 mengamanatkan penerapan KKNI dalam lingkup pendidikan tinggi. 

KKNI merupakan salah satu rujukan nasional untuk meningkatkan mutu dan daya saing bangsa Indonesia di sektor sumberdaya manusia. Peningkatan mutu dan sumber daya dimaksud adalah melalui pencapaian kualifikasi sumberdaya manusia Indonesia yang dihasilkan oleh sistem pendidikan dan sistem pelatihan kerja nasional, serta sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran. Peningkatan mutu dan daya saing bangsa akan sekaligus memperkuat jati diri Indonesia dipersaingan global.

Pada tahun 2016 ini, sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Unsyiah Nomor 503 Tahun 2016 tentang buku panduan penyusunan kurikulum Uiniversitas Syiah Kuala tahun 2016?2020 yang merujuk pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN?DIKTI) dan KKNI, maka Prodi Magister Teknik Mesin Unsyiah telah mencanangkan untuk melakukan penyesuaian kurikulum sedemikian rupa sehingga materi maupun proses pembelajaran secara keseluruhan mengarahkan mahasiswa pada capaian pembelajaran (Learning Outcome) sesuai dengan unsur?unsur yang ditentukan oleh SN?DIKTI dan KKNI.