Laboratorium, Perpustakaan & Layanan IT

Laboratorium

Untuk mendukung proses pembelajaran yang berkualitas, Program Studi Magister Teknik Mesin Unsyiah memiliki sembilan laboratorium :

  1. Laboratorium Rekayasa Material
  2. Laboratorium Rekayasa Thermal
  3. Laboratorium Dasar Proses Produksi
  4. Laboratorium Perpindahan Panas & Thermodinamika
  5. Laboratorium Mekanika Fluida
  6. Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi
  7. Laboratorium Konstruksi & Perancangan Mesin
  8. Laboratorium Desain dan Manufaktur
  9. Laboratorium Mekanika Komputasi

Selain itu untuk mendukung pelaksanaan Penelitian, program studi MTM memiliki peralatan pendukung yaitu:

  1. Scanning electron microscopy (SEM)
  2. Micro tensile strength test machine
  3. Engine test bed
  4. Coordinate-measuring machine (CMM)
  5. EDM (die sinking), EDM (wire cutting)
  6. Injection mold machine
  7. CNC and conventional milling machine
  8. CNC and conventional lathe machine
  9. TIG and MIG welding machine and robot welding
  10. CNC flame/plasma cutting machine
  11. Solar energy system
  12. Computer integrated manufacturing (CIM)
  13. Dynamometer, accelerometer, force plate, sound level meter
Perpustakaan


Perpustakaan merupakan fasilitas akademik untuk menunjang proses pembelajaran mandiri di luar kelas. Setiap mahasiswa dianjurkan melengkapi bahan studinya dengan membaca buku referensi yang tersedia di perpustakaan, baik atas usahanya sendiri maupun atas anjuran dosen pengasuh Mata Kuliah. Koleksi perpustakaan mencakup buku teks, buku pendukung, handbook, jurnal ilmiah, majalah populer, laporan penelitian, dan Tesis. Koleksi perpustakaan berkaitan dengan bidang ilmu PSMTM dapat ditemukan di Perpustakan Universitas Syiah Kuala, Perpustakaan Fakultas Teknik, Perpustakaan Program Studi Teknik Mesin FT-Unsyiah, dan koleksi buku yang dimiliki staf pengajar yang dapat diakses.

Dengan didukung oleh sistem informasi ”digital library online information system”, maka mahasiswa/pengunjung dapat secara langsung mencari dan mengunduh: koleksi buku, koleksi majalah, koleksi Jurnal dan artikel eletronik terbitan (ScienceDirect; ProQuest; SpringerLink: PQDT OPEN; dan E-Resources), koleksi electronic book (E-Book), koleksi Tesis serta karya-karya lain yang dihasilkan segenap civitas akademika Universitas Syiah Kuala.

Teknologi Informasi


Hingga saat ini Universitas Syiah Kuala telah mengembangkan beberapa fasilitas teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika Universitas Syiah Kuala dan masyarakat umum yang berkepentingan. Beberapa layanan untuk mahasiswa antara lain: Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), Informasi Kartu Hasil Studi, Informasi kelas dan dosen, Informasi jadwal kuliah dan ujian, Pengisian Biodata Mahasiswa, informasi beasiswa. Disamping layanan untuk mahasiswa, Universitas Syiah Kuala juga telah mengembangkan teknologi informasi untuk layanan dosen, staf, penelitian, pengabdian dan teknologi informasi yang berhubungan dengan pihak luar atau stakeholder.