Layanan Kemahasiswaan

Himpunan
Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) merupakan organisasi intra Kampus Mahasiswa Teknik Mesin Unsyiah. HMM ditujukan untuk mengembangkan kreatifitas mahasiswa pada umumnya dan mahasiswa Teknik Mesin di Unsyiah pada khususnya. Organisasi HMM secara struktural berada di bawah kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Untuk mencapai visi dan misinya, HMM mengembangkan beberapa divisi atau departemen yang bertugas menyusun dan melaksanakan program kerja yang seluruhnya diperuntukkan bagi mahasiswa agar menjadi profesional yang mampu bersaing di dunia kerja.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
Unit Kegiatan Mahasiswa merupakan unit pelaksana kegiatan ekstra kurikuler di tingkat universitas. Sebuah UKM didirikan oleh universitas berdasarkan permintaan atau ketertarikan dan talenta mahasiswa. Unit lembaga ini terbagi dalam karakter/bidang-bidang seperti: UKM Kesenian, UKM Olah Raga, UKM Penalaran, UKM Keagamaan dan UKM minat khusus (Menwa, Pencinta Alam, Pramuka).

Fasilitas Asrama
Asrama Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh adalah tempat tinggal sementara sekaligus wahana interaksi lintas kultural bagi para mahasiswa dan mahasiswi Unsyiah selama masa studinya, khususnya yang berasal dari luar Kota Banda Aceh. Dalam asrama terjadi interaksi antar penghuni asrama (mahasiswa), pengelola asrama dan lingkungan sekitar asrama. Sejumlah mahasiswa sebagai penghuni asrama datang dari berbagai daerah, dari berbagai kultur dan budaya serta dengan karakteristik yang berbeda-beda. Interaksi-interaksi kehidupan dalam heterogenitas tersebut akan membentuk prilaku kehidupan bermasyarakat bagi mahasiswa.

Olahraga
Kegiatan olahraga merupakan kegiatan jasmani yang menjadi perhatian Universitas Syiah Kuala untuk mencetak individu yang unggul. Kegiatan olahraga sebagai kegiatan ekstra kurikuler adalah salah satu wujud nyata dari aktualisasi mahasiswa di bidang non kademik. Oleh karenanya, Universitas Syiah Kuala memfasilitasi setiap kegiatan ekstra kurikuler yang mendorong potensi dan prestasi mahasiswa dengan semangat yang positif, kompetitif dan jiwa yang sportif.
Mahasiswa dapat menggunakan beberapa fasilitas sarana olah raga yang telah dibangun oleh Universitas Syiah Kuala, seperti Lapangan Sepak Bola, Bulu Tangkis, Bola Volli, Tenis, dan Lapangan Basket.

Seni
Di samping melakukan kegiatan akademik, Universitas Syiah Kuala memberi kesempatan kepada mahasiswanya untuk terlibat di dalam kegiatan non akademik dan organisasi yang merupakan faktor pelengkap dalam pendidikan mahasiswa. Mahasiswa diberi kesempatan untuk belajar mengembangkan bakat dan minat di bidang seni melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seni.

Bimbingan Konseling
Untuk pemeliharaan kesejahteraan mental (terutama bagi mahasiswa yang mengalami masalah akademis, pribadi, keluarga, dan/atau hubungan sosial), Universitas Syiah Kuala menyediakan Badan Konseling Mahasiswa (BKM) Unsyiah. Tim konselor pada BKM terdiri dari psikolog, psikater dan konselor pendidikan, mahasiswa dapat menggunakan layanan psikologis (gratis) tersebut untuk mendiskusikan berbagai masalah yang dihadapi dan untuk menemukan jalar keluarnya.

Pelayanan Kesehatan
Bagi mahasiswa yang bermasalah dengan kesehatan, Universitas Syiah Kuala menyediakan pelayanan kesehatan berupa: Klinik Umum, Klinik Gigi, Depot Obat dan P3K, dan pelayanan rawat inap pada rumah sakit Universitas.